Pandemi Naikkan Angka Kemiskinan Jadi 9,7 Persen

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA  – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan kemiskinan di Indonesia terus menurun seiring berjalannya waktu. Hal tersebut terlihat pada periode pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu mencapai 9,1 persen walaupun saat pandemi melanda kemiskinan kembali meningkat 0,6 persen yaitu 9,7 persen.

“Pada saat Pak Jokowi memerintah 5 tahun pertama angka kemiskinan turun menjadi 9,1, karena ada pandemi setahun terakhir pada tahun ini naik lagi angka kemiskinan jadi 9,7 persen,” kata Mahfud dalam diskusi virtual, Sabtu (1/5).

Bacaan Lainnya

Tetapi dia mengatakan perekonomian di Indonesia secara umum alami kemajuan. Walaupun memiliki banyak hambatan yaitu tindakan korupsi yang masih terus terjadi di Tanah Air.

“Banyak korupsinya karena negara Indonesia kaya raya kalau dikelola walaupun koruptif itu manfaatnya tetap banyak bagi rakyat, apalagi kalau dikelolanya nanti secara bersih dari korupsi,” bebernya.

Sementara itu dia membeberkan saat Indonesia belum merdeka, angka kemiskinan diperkirakan mencapai 99 persen. Setelah Indonesia sudah merdeka dan dipimpin Presiden RI Soekarno angka kemiskinan berkurang capai 54 persen. Lalu lanjut digantikan oleh Orde Baru ekonomi pun terus digenjot oleh Presiden kedua RI Soeharto yang menghasilkan angka kemiskinan berkurang 18 persen.

Pos terkait