Parahiyangan Wajib Waspada, Bandung Raya Masuki Puncak Musim Hujan

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, BANDUNG – Banjir sejak beberapa waktu belakangan, mulai akrab dengan Paris van Java alias Kota Bandung. Hampir setiap musim hujan tiba, negeri Parahiyangan itu menjadi danau besar yang kadang kala bisa berlangsung cukup lama.

Kemarin, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengungkapkan wilayah Bandung Raya sudah memasuki puncak musim hujan hingga pekan ke 2 bulan Februari. Selain itu, penyebabnya terdapat event meteorologis yang terjadi secara bersama-sama.

Bacaan Lainnya

“Untuk masalah hujan, penyebabnya ada dua pertama wilayah Bandung Raya, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi sudah memasuki puncak musim hujan yang diprediksi akan berlangsung hingga minggu ke 2 Februari,” ujar prakirawan BMKG Bandung, Yan Firdaus.

Dia mengatakan, event meteorologi yang dimaksud adanya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO). Selain itu gelombang Rossby Equatorial yang terjadi bersama-sama dari 27 Januari lalu.

“MJO, fenomena yang unik diidentifikasikan sebagai gelombang yang menjalar dari Barat (Samudera Hindia) hingga ke Timur (Samudera Pasifik) pada periode 30-60 hari dan dampak di wilayah tropis dengan karakteristik utama adanya wilayah peningkatan dan penurunan curah hujan yang bergerak berpasangan,” katanya.

Pos terkait