Partai Demokrat Mulai Diobok-Obok

  • Whatsapp
Partai Demokrat Mulai Diobok-Obok

Kabarsiana.com, JAKARTA  – Sikap responsif ketua umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) terhadap gerakan pengambialihan kepemimpinan patut dipahami. Karena apa yang ditujukan ke Partai Demokrat saat ini, bisa mengancam sistem perpolitikan di tanah air.

Direktur Eksekutif Romeo Strategic Research & Consulting (RSRC), A. Khoirul Umam menganalisa, jika tidak diantisipasi, upaya pembajakan kepemimpinan politik dalam partai bisa dilakukan secara cepat dan sistematis.

Bacaan Lainnya

“Wajar AHY merespons cepat dan tegas, karena jika dibiarkan, tindakan makar itu bisa berjalan cepat dan sistematis,” kata pria lulusan Flinders University of South Australia di Jakarta (1/2).

Analis yang karib disapa Umam itu kemudian mencontohkan apa yang terjadi pada Partai Berkarya.
Saat itu, pihak-pihak internal Partai Berkarya tidak percaya bahwa pencaplokan kepemimpinan partainya itu akan terjadi.

Publik kata Umam, menyaksikan bahwa saat itu tiba-tiba muncul gerakan kongres luar biasa (KLB) dadakan, lalu dengan begitu cepat mendapatkan legalisasi dari Menkumham. Tommy Suharto sebagai pihak yang di KLB bersama pengikutnya nampak terkaget-kaget.

“Itu akibat dari sikap menyepelekan setiap informasi intelijen. Dalam dunia intelijen, sekecil apapun informasi tidak boleh disepelekan, meskipun juga tidak boleh dipercaya begitu saja. Mereka harus waspada,” kata Umam.

Pos terkait