Pecahnya Gletser Himayala “Sebabkan” 150 Warga India Tewas

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, NEW DELHI – Pecahnya gletser atau bongkahan salju abadi di Gunung Himalaya, diduga menjadi penyebab tewasnya sebanyak 150-an warga di India utara. Bongkahan gletser Himalaya yang pecah dan menghantam bendungan pada Minggu (7/2) pagi waktu setempat. Akibatnya, pemukiman masyarakat menjadi banjir, sehingga warga sejumlah desa di hilir harus dievakuasi.

“Jumlah sebenarnya belum dikonfirmasi, tetapi 100 hingga 150 orang dikhawatirkan tewas,” kata Om Prakash, sekretaris kepala negara bagian Uttarakhand, tempat insiden itu terjadi, kepada Reuters.

Bacaan Lainnya

Seorang saksi melaporkan dinding debu, batu, dan air saat longsoran salju menderu di lembah sungai. “Itu datang sangat cepat, tidak ada waktu untuk memperingatkan siapa pun. Saya merasa bahwa bahkan kami akan tersapu,” kata Sanjay Singh Rana yang tinggal di desa Raini.

Dia mengungkapkan, penduduk desa setempat khawatir orang-orang yang bekerja di proyek pembangkit listrik tenaga air di dekatnya tersapu, termasuk warga yang berkeliaran di dekat sungai mencari kayu bakar atau menggembalakan ternak mereka.

Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan, dia sedang memantau situasi dengan cermat. “India mendukung Uttarakhand dan bangsa itu berdoa untuk keselamatan semua orang di sana,” katanya di Twitter setelah berbicara dengan kepala menteri negara bagian.(*/rep)

Pos terkait