Pengabdian Tersingkat, Wali Kota Medan dan Surabaya Hanya Bertugas 6 Hari

  • Whatsapp
Wali Kota Medan dan Surabaya Hanya Bertugas 6 Hari

Kabarsiana.com, JAKARTA – Jabatan Walikota Medan dan Walikota Surabaya, akan tercatat dalam sejarah Indonesia sebagai masa jabatan tersingkat sejak Indonesia merdeka. Bagaimana tidak, masa jabatan orang nomor satu di kedua kota besar itu hanya berumur 6 hari saja.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Benny Irwan mengungkapkan alasan masa jabatan Wali Kota Medan Akhyar Nasution dan Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti yang hanya 6 hari.

Bacaan Lainnya

“Plt wali kota dan Plt bupati dilantik sebagai kepala daerah definitif setelah diusulkan oleh DPRD yang diteruskan pengusulan pelantikannya oleh pemerintah provinsi kepada menteri dalam negeri,” kata Benny, Kamis (11/2).

Benny menyampaikan pelantikan Whisnu dan Akhyar telah sesuai aturan. Dia menyebut aturan yang jadi rujukan adalah Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Dia menyampaikan hari ini bukan hanya Akhyar dan Whisnu yang dilantik. Ada dua Plt. kepala daerah lainnya yang dikukuhkan sebagai pejabat definitif.

“Dalam pantauan kami, pada hari ini, setidaknya ada 2 kota dan 2 kabupaten, yang Plt. wali kota dan Plt. bupatinya dilantik menjadi wali kota dan bupati definitif,” ujarnya.

Pos terkait