Perekonomian China Diprediksi Terbesar Dunia Tahun 2028

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, SINGAPURA  – Lonjakan perekonomian negeri China makin tak terbendung. Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong malah memprediksi, ekonomi negara tirai bambu itu akan melampaui Amerika Serikat dalam beberapa waktu ke depan. Bahkan, China diramal akan menjadi yang terbesar di dunia pada tahun 2028.

Meskipun saat ini Negeri Paman Sam tersebut masih berada di urutan pertama, namun posisi ekonomi China tepat berada di belakang Amerika Serikat.

Bacaan Lainnya

“AS masih nomor satu tapi nomor dua (China) tidak begitu jauh di belakang,” kata Lee Hsien seperti dilansir dari BBC.

Lee Hsien mengatakan, perekonomian di China berkembang lima tahun lebih cepat dari yang diramalkan sebelumnya. Ini merupakan kebangkitan yang luar biasa karena terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

“Itu yang sulit diterima AS,” katanya.

Terlebih hal ini diikuti dengan peningkatan agresi, baik secara internal maupun eksternal di bawah kekuasaan Xi Jinping. Perang dagang yang sengit antara dua negara adidaya tersebut terjadi dalam dua tahun terakhir. Masalahnya, perang dagang tersebut telah mengancam keseimbangan yang rapuh ini.

Dia berharap Joe Biden sebagai pemimpin yang baru bisa meredam kegaduhan yang tengah berlangsung saat ini. Dia menginginkan Biden menjadi Presiden Amerika yang percaya pada multilateralisme dan perdagangan internasional.

Pos terkait