Polisi Sikat Sindikat Pemalsuan Buku Nikah di Jakut

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Ucapan terima kasih perlu dihaturkan kepada jajaran Polres Metro Jakarta Utara, dimana institusi ini berhasil membongkar sindikat pemalsuan buku nikah dan juga meringkus tujuh orang selaku tersangka.

Pengungkapan ini berawal dari informasi warga bahwa kerap terjadi transaksi penjualan buku nikah palsu di sekitar rumah susun Marunda, Cilincing, Jakut.

Bacaan Lainnya

Dari informasi itu, polisi lalu melakukan penyelidikan dan mengamankan seorang tersangka bernama Sulaiman.

“Dan darinya telah berhasil menyita dua pasang buku nikah palsu yang sudah jadi dan siap dikirimkan kepada para pemesan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus dalam keterangannya, Selasa (16/3).

Buku nikah palsu yang disita itu berjumlah dua buah, yakni satu buku warna coklat untuk laki-laki dan satu buku warna hijau untuk perempuan.

Dari penangkapan itu, polisi melakukan pengembangan dan menangkap enam tersangka lainnya di wilayah Cilincing, Jakut dan Pusaka Jaya, Subang, Jawa Barat.

Yusri menerangkan enam tersangka yang diamankan belakangan itu memiliki peran berbeda. Tersangka Asep Heri berperan sebagai perantara penjual buku nikah kepada tersangka Sulaiman seharga Rp1 juta.

Lalu, tersangka Bangun Subakti berperan membeli blangko buku nikah kosong dari tersangka Sumarno dengan harga Rp300 ribu. Ia juga melakukan pengetikan identitas, dan memalsukan tanda tangan pejabat KUA, serta cap stempel Kementrian Agama.

Pos terkait