Ratusan Koleksi Museum Sultra Raib

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, KENDARI – Entah ulah kolektor, entar ulah maling. Yang pasti, ratusan koleksi yang ada di etalase museum Sulawesi Tenggara ditenggarai telah raib. Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Museum dan Taman Budaya Sulawesi Tenggara (Sultra) telah mengidentifikasi koleksi yang hilang karena dicuri pada Selasa (26/1) lalu. Sedikitnya ada 900 koleksi museum yang hilang.

Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Diknasbud Sultra, Dody Syahrulsyah mengatakan, hasil identifikasi dan deskripsi barang-barang koleksi yang dicuri dilakukan setelah pendataan beberapa hari lalu.

Bacaan Lainnya

“Dari sekitar 900 koleksi yang hilang itu sekitar 600-an merupakan aksesoris yang terbuat dari logam dan alat rumah tangga yang digunakan para raja-raja masa lampau. Sisanya berbagai koleksi lain seperti gong, koleksi keris dan samurai peninggalan Raja Jepang,” ujarnya.

Khusus pedang samurai, lanjut Dody, jumlahnya ada tiga jenis koleksi. “Namun bila dilihat dari sejarahnya barang itu nilainya bisa mencapai ratusan juta per buahnya,” jelasnya.

Hilangnya ratusan koleksi bersejarah di Museum Sultra lebih sepekan terahkir itu juga mengundang perhatian Sejarawan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Haluoleo (UHO) Kendari, Basrin Melamba. Ia mengatakan, hilangnya benda cagar budaya yang merupakan koleksi pengadaan museum pusat itu merupakan pelajaran bagi organisasi perangkat daerah, dalam hal ini dinas pendidikan dan kebudayaan terkait dengan kebijakan mengenai tata cara menjaga, mengelola dan merawat benda-benda koleksi di dalam Museum itu.

Pos terkait