Rp4,5 T untuk Kartu Sembako

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji akan membagikan kartu sembako kepada masyarakat guna mengantisipasi dampak sosial ekonomi akibat wabah corona di dalam negeri. Pemerintah akan menyiapkan anggaran sebesar Rp 4,5 triliun untuk kartu sembako ini. Masyarakat yang memenuhi kriteria akan menerima kartu sembako ini selama enam bulan lamanya.

“Juga akan kita keluarkan kebijakan untuk menerima kartu sembako, selama 6 bulan mendatang,” ujar Jokowi saat memberikan pengarahan kepada para gubernur menghadapi pandemik covid-19, Selasa (24/3).

Bacaan Lainnya

Jokowi mengatakan, tiap keluarga penerima manfaat kartu sembako ini nantinya akan mendapatkan bantuan senilai Rp 200 ribu.

“Akan kita tambah Rp 50 ribu sehingga diterima Rp 200 ribu per keluarga penerima manfaat. Anggaran yang kita siapkan Rp 4,5 triliun,” ucapnya.

Selain itu, pemerintah juga akan segera mengimplementasikan kartu pra kerja yang dibagikan kepada masyarakat. Kartu Pra Kerja ini akan digunakan untuk mengantisipasi para pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), para pekerja harian yang kehilangan penghasilan, dan juga para pengusaha mikro yang kehilangan pasar dan omset.

“Alokasi anggaran yang kita siapkan adalah Rp 10 triliun. Agar provinsi-provinsi bisa ikut mendukung ini, siapa yang harus diberi mulai didata dengan baik,” tambah Jokowi.

Untuk menghadapi pandemi corona ini, pemerintah akan fokus pada tiga hal utama. Yakni keselamatan kesehatan masyarakat, social safety net berupa bantuan sosial, dan juga stok pangan yang terjaga. (*/rol)

Pos terkait