Sejarah Indonesia Kuno dalam Buku Matematika Berusia 140 Tahun

  • Whatsapp

ASIA TENGGARA adalah sebuah wilayah yang kaya akan sejarah. Namun bagi banyak negara di kawasan ini, Kolonialisme adalah peristiwa yang tak dapat dihindari. Dari Belanda, Portugis, Spanyol, hingga Inggris pernah menginjakkan kaki di sana, dan tentu saja untuk menjajah serta mengeruk seluruh kekayaan alamnya, termasuk Indonesia.

Menurut catatan sejarah, Indonesia ada di bawah kekuasaan Belanda berlangsung selama kurang lebih 350 tahun. Mereka menerapkan kerja rodi dan membunuh siapa saja yang berani membangkang.

Bacaan Lainnya

Kini dalam sebuah buku berusia 140 tahun, dijelaskan bagaimana kehidupan Indonesia saat dijajah Belanda. Semuanya digambarkan dalam rangkaian soal matematika tingkat dasar, sama seperti soal matematika pada masa kini yang menggabungkan situasi kehidupan nyata dengan hitungan.

“Tidak, ini bukan tentang angka. Buku ini menceritakan lebih banyak tentang manusia sehari-hari, kehidupan sehari-hari orang pada titik yang berbeda dalam waktu. Ini memberi kita pandangan seluruh dunia tentang masyarakat, budaya dan orang-orang,” tulis Johari dalam posting Facebook-nya.

Buku matematika berjudul “Beberapa Hitoengan” abad ke-19 yang ditulis dengan gaya bahasa Belanda khas Indonesia ini pertama kali di-upload oleh seorang pengguna Facebook bernama Khir Johari. Ditulis oleh R. Brons Middel dan diterbitkan di Batavia oleh Gowernemen Publishing pada 1881.

Pos terkait