Selatan Jawa Berpotensi “Dihajar” Gempa 9 SR

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA  – Negara Indonesia yang diapit dua samudera dan dikelilingi  lingkaran api Pasifik (Ring of Fire) serta ratusan bahkan ribuan gunung berapi aktif, tentu saja menjadi ancaman bagi siapapun yang bermukim didalamnya.

Hal itu, menjadi sebuah alasan yang membuat Indonesia sering mengalami gempa bumi, letusan gunung berapi dan tsunami yang mengelilingi cekungan Samudera Pasifik. Selain itu, potensi banjir bandang dan juga longsor pun tak bisa dikesampingkan.

Bacaan Lainnya

Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Eko Yulianto mengungkapkan potensi gempa besar bisa terjadi di atas 9 Magnitudo serta berpotensi tsunami di Selatan Pulau Jawa.

“Bukti tsunami besar pernah terjadi di selatan Jawa, bisa ditemukan di sungai di Cikembulan Pangandaran. Kejadiannya sekitar 400 tahun yang lalu, tsunami ini cukup besar karena buktinya mulai berdampak dari Banten sampai dengan Bali. Dan ini menjadi bukti bahwa di selatan Jawa ada ancaman gempa dengan skala di atas 9 yang bisa memicu tsunami,” ungkap Eko dalam diskusi Sapa Media: Masyarakat Siaga Bencana 2021 secara virtual, Jumat (29/1).

Eko menjelaskan, bahwa saat ini selatan Jawa hanya menyiapkan simpul-simpul perekonomian saja tanpa menghitungkan potensi terjadinya bencana gempa dan tsunami.

Pos terkait