Sepekan Hilang, Pencarian 11 Nelayan yang Hilang di Pessel Masih Nihil

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, PAINAN – Pencarian 11 nelayan asal Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, yang dinyatakan hilang sejak Rabu (29/01) kemarin, hingga saat ini masih belum membuahkan hasil. Bahkan, pencarian sudah dua kali menggunakan helikopter.
Para nelayan tersebut diketahui hilang usai badai melanda daerah itu beberapa waktu lalu. Pencarian para nelayan itu pun sudah diperluas, hingga ke perairan Provinsi Bengkulu.
Komandan Rescue Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kelas A Padang, Yudi Riva menyebutkan, hingga saat ini belum ada sedikit pun tanda-tanda keberadaan para nelayan yang hilang tersebut.
“Untuk upaya pencarian telah optimal dilakukan dan cukup luas. Alutsista kapal yang digunakan sebanyak delapan, dan bahkan dua kali menggunakan helikopter. Namun hasil pencarian masih belum menemukan tanda-tanda,” ujarnya, Selasa (04/02).
Menurut Yudi, hari ini, Selasa (04/02), merupakan hari ke tujuh pencarian, berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) hari ini merupakan hari terakhir pencarian. Apakah akan dilanjutkan atau tidak, masih menunggu hasil rapat.
Sementara, kata Yudi, bangkai Kapal Motor (KM) Restu Ibu sudah ditemukan. Namun satu orang Anak Buah Kapal (ABK) yang hilang sampai saat ini proses pencarian belum membuahkan hasil.
“Begitupun untuk KM Mitra Utama yang membawa sepuluh ABK termasuk nahkoda. Kapal ini hilang kontak, dan kami juga belum menemukan titik koordinat hilangnya kapal tersebut,” jelasnya.
Diketahui, 11 nelayan tersebut merupakan para ABK KM Restu Ibu dan KM Mitra Utama. Mereka dinyatakan hilang sejak Rabu (29/01).
Satu korban berasal dari ABK KM Restu Ibu. Sebelumnya, kapal ini membawa 14 ABK, sementara 13 ABK dinyatakan selamat. Sedangkan KM Mitra Utama yang membawa sepuluh ABK dinyatakan hilang kontak. (*/kmp)

Pos terkait