Sidang Paripurna HUT Kota Takengon akan Gunakan Bahasa Gayo

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, TAKENGON – Sidang Paripurna Istimewa Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Takengon ke-443 dijadwalkan berlangsung di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Tengah pada 17 Februari 2020 mendatang.

Seperti tahun sebelumnya, dalam kegiatan ini seluruh peserta maupun tamu undangan yang hadir diwajibkan mengenakan pakaian bermotif Kerawang Gayo yang merupakan warisan budaya masyarakat di wilayah tengah Propinsi Aceh itu.

Bacaan Lainnya

Sedangkan pada tahun ini sebut Muslim dari Sekretariat DPRK Aceh Tengah, selain menggunakakan kerawang Gayo seluruh rangkaian acara termasuk sambutan dari pimpinan DPRK maupun bupati direncakan menggunakan bahasa Gayo.

“Seperti telah disepakati, sidang paripurna akan gunakan bahasa Gayo, mulai dari awal sampai akhir semua berbahasa Gayo, yang tidak hanya lagu Indonesia Raya dan shalawat badar,” katanya saat rapat persiapan HUT Kota Takengon, Sabtu (8/2).

Sidang Paripurna Istimewa dengan menggunakan bahasa Gayo sendiri merupakan salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk terus melestarikan bahasa Gayo yang jumlah penuturnya terus berkurang.

Bukan hanya dilakukan saat adanya kegiatan tertentu, pemerintah di daerah berhawa sejuk tersebut juga telah berencana mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) untuk sehari berbahasa Gayo kepada seluruh masyarakat setempat. (*/rri)

Pos terkait