Sukses “Kendalikan” Corona, Islandia Bersiap Buka Kembali Wisata

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, REYKJAVIK – Islandia tengah bersiap membuka lagi wisata walau virus corona masih menjadi pandemi di banyak negara. Langkah itu diambil Islandia usai mampu mengendalikan penyebaran corona dengan mengetes lebih banyak warga dibanding negara lain. Islandia telah mengetes 54.791 orang atau lebih dari 15 persen dari penduduknya yang berjumlah 364.000 orang.

Diketahui Islandia sejauh ini telah mengkonfirmasi 1.801 kasus positif corona dengan hanya 10 pasien yang. Sementara di Mei ini, hanya muncul 3 kasus.

Bacaan Lainnya

Dilansir AFP, di tengah persiapan itu, Islandia berencana menawarkan kepada para wisatawan yang tiba agar menjalani tes COVID-19 untuk menghindari karantina selama 14 hari.

Islandia akan menawarkan tes kepada para wisatawan yang mendarat di Bandara Keflavik paling lambat pada 15 Juni, dengan pemerintah yang akan menalangi biaya tes di awal.

Sementara wisatawan yang membawa dokumen medis membuktikan mereka bebas dari COVID-19 tidak perlu mengikuti tes.

Di bawah skema sementara, setelah pelancong telah menyerahkan sampel tes, mereka akan diizinkan untuk melanjutkan ke hotel atau penginapan. Jika hasil tes positif, mereka akan dikarantina selama 14 hari.

Wisatawan juga akan diharuskan mengunduh dan menggunakan aplikasi penelusuran resmi yang sudah digunakan 40 persen populasi di Islandia.

Pemerintah Islandia mengatakan jika penyaringan di bandara terbukti berhasil, selanjutnya akan dipertimbangkan pengaturan serupa di titik masuk perbatasan lainnya, termasuk rute feri yang menghubungkan Islandia dengan Denmark dan Kepulauan Faroe.(*/kpr)

Pos terkait