Sumbar Command Center, Satu Klik Pantau Ranahminang

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, PADANG  – Kehadiran Sumbar Command Center yang digagas Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumatra Barat (Sumbar), diklaim dapat mengendalikan seluruh daerah dengan hanya menghandalkan satu aplikasi.
Gunernur Sumbar, Irwan Prayinto menyebutkan, selain bisa berkomunikasi langsung dengan perangkat daerah se-Sumbar, Sumbar Command Center juga dapat difungsikan sebagai alat pengawasan dan pengendalian.
“Kita juga bisa komunikasi langsung dengan perangkat daerah secara real time,” ujar Gubernur Irwan di Padang.
Sumbar Command Center yang juga akan difungsikan sebagai alat untuk teleconference dengan perangkat daerah, menurut Gubernur baru hari ini bisa dihadirkan. “Antara provinsi dan kabupaten, ini baru. Kalau provinsi dengan pusat, itu sudah sejak lama,” ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Diskominfo Sumbar, Yeflin Luandri mengklaim, Sumbar Command Center bisa memantau semua aktivitas kegiatan dalam mendukung pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang efektif atau good governance.
Ia berharap, ada dukungan dari semua pihak, sekaligus mensinergikan dan mengintegrasikan semua layanan publik Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumbar. Sehingga, gerak dan arah pembangunan menuju smart province semakin cepat dan terarah sesuai dengan visi misi pembangunan.
Kedepanya, kata Yeflin, juga akan dilengkapi dengan Closed-Circuit Television (CCTV) di banyak titik untuk pemantauan di tempat-tempat umum, seperti Pantai, GOR Haji Agus Salim, serta di lokasi-lokasi rawan bencana.
“InsyaAllah kita pasang, tinggal tingkat keamanan perangkatnya lagi, jangan nanti dipasang, lalu hilang,” katanya. (*/rmd/lag)

Pos terkait