Survei RTK: Ekonomi Publik Memburuk 73,2% karena Corona

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Roda Tiga Konsultan (RTK) merilis survei terkait Pandangan Masyarakat terhadap Penangan Pandemi COVID-19. Survei menunjukkan, 73,2% masyarakat menilai kondisi ekonomi RI memburuk setelah corona datang.

Responden menilai, buruknya perekonomian tersebut disebabkan oleh pandemi corona yang tak kunjung mereda.

Bacaan Lainnya

“Survei ini juga mengungkap sekitar tiga dari empat responden mengatakan kondisi ekonomi rumah tangganya lebih buruk daripada sebelum pandemi COVID-19 (73.2%),” kata Direktur Eksekutif RTK, M. Kahfi Siregar dalam keterangannya, Selasa (19/5).

“Sekitar satu dari empat responden mengatakan tidak ada perubahan dalam ekonomi rumah tangganya (24.2%). Dan Hanya 1.6% responden yang mengatakan kondisi ekonominya lebih baik,” kata dia.

Responden kemudian ditanyai lagi terkait pernah atau tidaknya mendapat bantuan dari pemerintah selama pandemi corona. hasilnya cukup banyak responden yang tak pernah mendapat bantuan dari pemerintah.

“Lebih dari tiga per empat responden mengaku tidak pernah mendapatkan bantuan selama pandemi COVID-19 (76.7%). Dari yang menjawab pernah menerima bantuan (23.3%), bantuan yang diterima berasal dari Pemerintah Kabupaten/kota (10.0%) Pemerintah Pusat (5.3%) dan Pemerintah Provinsi (3.0%),” kata Kahfi.

Mereka justru menganggap bantuan dari lembaga sosial di luar pemerintah lebih baik dari bantuan dari pemerintah.

“Ternyata bantuan dari lembaga sosial (4.8%) cukup berperan bahkan lebih tinggi daripada bantuan yang diterima dari Pemerintah Provinsi dan hampir setara dengan pemerintah pusat,” jelasnya.

Survei dilakukan dengan menghubungi responden melalui telepon (by phone survey), mempertimbangkan adanya PSBB. Responden berjumlah 1.200, berasal dari bank data kontak responden yang pernah diwawancarai sebelumnya, yang diambil secara stratified random sampling.

Margin of error survei sebesar 2.89% dan confidence level pada 95%. Survei dilakukan pada tanggal 7-17 Mei 2020. (*/kpr)

Pos terkait