Syafi’i Maarif : Pemerintah Tidak Perlu Main Buzzer

  • Whatsapp
Pemerintah Tidak Perlu Main Buzzer

Kabarsiana.com, JAKARTA  – Perang buzzer tak perlu dilakukan oleh pemerintah ataupun oposisi dalam menyampaikan kritik ataupun “menjatuhkan” pihak lain. Kedua belah pihak sebaiknya membangun budaya politik yang lebih arif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pendapat demikian disuarakan Cendikiawan Ahmad Syafi’i Maarif kepada sejumlah wartawan, Rabu (10/2). Menurutnya, pemerintah tidak perlu menggunakan Buzzer untuk menyikapi lawan politiknya. Karena hal itu menurutnya hanya akan memperpanas situasi saja.

Bacaan Lainnya

“Dalam situasi yang sangat berat ini antara pemerintah dan pihak sebelah semestinya mampu membangun budaya politik yang lebih arif, saling berbagi, sekalipun sikap kritikal tetap dipelihara. Tidak perlu main “Buzzer-buzzeran” yang bisa menambah panasnya situasi,” kata Buya Syafi’i Maarif.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam satu kesempatan mengajak masyarakat aktif menyampaikan masukan dan kritik untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Ahmad Syafii Maarif merespons baik langkah pemerintah yang tetap memberi ruang bagi lawan politiknya untuk menyampaikan kritik. Tetapi, Buya Syafi’i Maarif menegaskan untuk memelihara budaya kritis tidak perlu ada Buzzer.

“Pihak pemerintah sebagai pengendali kekuasaan juga harus terus terang, jika memang telah melakukan kekeliruan dalam bidang apa pun,” ujarnya.

Pos terkait