Tambang Emas Ilegal di Sukabumi Ditertibkan

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, SUKABUMI – Tambang ilegal di Kabupaten Sukabumi ditertibkan anggota kepolisian, TNI, dan instansi terkait pada Kamis (6/2). Kapolres Sukabumi AKBP Nuredy Irwansyah Putra menuturkan, penertiban tambang emas ilegal dilakukan karena diduga menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir.
“Tambang liar, ilegal ditertibkan karena kegiatan penambangan emas tanpa izin. Diduga kuat menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana alam,” kata dia melalui keterangannya.
Nuredy menambahkan, kegiatan penertiban dilakukan secara persuasif sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Adapun pasukan yang melakukan penertiban dibagi ke dalam 7 kelompok dan menyasar kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.
“Paling utama dalam pelaksanaan operasi ini agar menjaga keselamatan pribadi dan melaksanakan operasi secara persuasif sesuai dengan SOP,” ucap dia.
Nuredy menambahkan, kelompok dibagi ke tujuh blok antara lain Blok Cibangkonol yang terdiri dari tujuh lubang, Blok Cicadas yang terdiri dari 11 lubang, Blok Petey terdiri dari dua lubang, Blok Pengeboran terdiri dari 11 lubang, Blok Talun terdiri dari 3 lubang, dan Blok Gunung Peti terdiri dari 5 lubang.
Seluruh kelompok, lanjut Nuredy, dilengkapi dengan peralatan antara lain cangkul, linggis, dan golok. Lubang yang ditertibkan kemudian ditimbun dan dipasang police line atau garis polisi. Dia mengklaim kegiatan penertiban berlangsung secara lancar dan melampaui target.
“Seluruh kelompok telah dilengkapi dengan peralatan untuk membongkar saung tenda gurandil seperti cangkul, linggis, gardu dan golok,” kata dia.
“Hasil sukses melebihi target operasi yang telah ditetapkan,” ujar Nuredy. (*/kmp)

Pos terkait