Temukan Hamparan Edelweis Terindah di 7 Gunung Indonesia

  • Whatsapp

BUNGA edelweis yang dipercayai sebagai lambang cinta abadi ini, menjadi sasaran para pendaki yang rela bersusah-payah mendaki gunung tinggi. Mitos lainnya, bunga ini dikenal bunga abadi yang tidak pernah layu.

Mengapa dikatakan bunga abadi? Karena mereka hidup ditempat yang kering, sehingga kadar air dalam tumbuhan ini pun rendah, jadi meskipun kekurangan air atau tidak ada suplay air tidak terlalu banyak penurunan kadar air sehingga seolah-olah tidak layu.

Bacaan Lainnya

Bunga edelweis tidak tumbuh di semua gunung di Indonesia. Hanya beberapa gunung yang memiliki ketinngian diatas 1.800 mdpl.

Penasaran dengan bunga abadi ini, berikut ada 7 spot bunga edelweis di Indonesia yang bisa kamu simak, dilansir dari situs resmi Kementerian LHK.

Gunung Gede Pangrango

Bila Kalian sempat mendaki ke Gunung Pangrango, saksikan sendiri keindahan padang edelweiss di alun-alun Mandalawangi.

Jika berencana memperlihatkannya pada sang pujaan, cukup abadikan hamparan bunga edelweis dalam potrait terbaik Anda.

Gunung Semeru

Bunga Edelweis sebagai bunga abadi juga diakui oleh masyarakat Tengger yang bermukim di dalam dan sekitar kawasan hutan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dahulu, tumbuhan edelweis cukup banyak dijumpai di ladang-ladang Masyarakat Tengger yang berada pada ketinggian lebih dari 1500 mdpl.

Ranu Kumbolo dan lainnya, menjadi spot terbaik yang bisa digunakan untuk melihat hamparan bunga-bunga edelweis hingga sepuasnya. Lokasi untuk menemukan hamparan bunga edelweis bernama Kalimati yang merupakan batas akhir melakukan pendakian.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan berlokasi di Kabupaten Garut dan menjadi salah satu lokasi mendaki yang difavoritkan. Tidak hanya pendaki handal, pendaki pemula pun memiliki ketertarikan kuat untuk mendaki Gunung Papandayan hanya untuk melihat hamparan bunga edelweis yang menakjubkan.

Bunga-bunga edelweis di Gunung Papandayan tumbuh subur di daerah yang di sebut Tegal Alun dan beberapa lainnya tersebar di sekitar Pondok Saladah.

Gunung Gede

Alun-alun Suryakancana Gunung Gede malah pernah termasuk salah satu padang edelweis terindah di Indonesia. Saat booming, sekitar bulan Juli-Agustus, sejauh mata memandang hanya hamparan bunga edelweis yang putih kekuning-kuningan, menghampar pada areal datar seluas ± 50 ha.

Anda bisa melihat pemandangan hamparan bunga edelweis nan indah sampai puas di sana.

Gunung Merbabu

Spot terbaik lainnya yang memunginkan Anda untuk menemukan hamparan bunga Edelweis ialah di Gunung Merbabu. Masih berada di Pulau Jawa, gunung ini termasuk idolanya para pendaki Indonesia. Pendakian bisa dilakukan dari Magelang, Salatiga dan Boyolali.

Padang sabana yang ditumbuhi bunga-bunga Edelweis cantik, bisa melalui jalur Boyolali. Jalur ini paling difavoritkan pendaki.

Gunung Sindoro

Berlokasi di Jawa Tengah, Gunung Sindoro memiliki ketinggian mencapai 3.150 mdpl yang sangat difavoritkan para pendaki lokal. Salah satu pesona Gunung Sindoro terletak pada keberadaan padang bunga Edelweis yang sangat memukau.

Paling banyak ditemukan dari jalur selatan Gunung Kledung hingga sisi timur menjelang puncak. Jika Anda melakukan pendakian melalui jalur Bansari Temanggung, Anda akan lebih mudah menjumpai hamparan bunga edelweis di sekitar pos camp ground terakhir.

Begitu keluar dari tenda di pagi hari, Anda akan langsung disambut dengan suguhan hamparan bunga Edelweis.

Gunung Ciremai

Sebagai puncak tertinggi Jawa Barat, Gunung Ciremai memang banyak dilirik sebagai tujuan mendaki. Begitu banyak pesona keindahan alam di sekitar Gunung Ciremai, tidak terkecuali hamparan bunga-bunga Edelweis yang sangat indah.

Gunung setinggi 1.072 mdpl ini menjadi spot terbaik untuk melihat keindahan bunga Edelweis di musim kemarau. Gunung Ciremai memiliki beberapa jalur pendakian, dua jalur yang paling populer ialah jalur Linggarjati dan Apuy. Gunung Ciremai sangat dekat dekat dengan Pantai Utara Jawa dan memungkinkan Anda untuk menikmati padang bunga edelweis sekaligus menyapu pandang ke arah laut lepas. (***/dwk)

Pos terkait