Teripang, Si Timun Laut Kaya Manfaat

  • Whatsapp
Teripang

DI INDONESIA, makanan ringan dari daging teripang banyak dinikmati dalam bentuk keripik. Siapa yang menyangka, makanan olahan dari hewan laut yang disebut juga si timun laut ini, ternyata mengandung banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Simak manfaat teripang berikut ini.

Teripang adalah hewan laut tidak bertulang belakang dan bertubuh panjang, yang umumnya ditemukan di dasar laut, paling banyak di Asia Pasifik. Teripang disebut juga dengan gamat dan menjadi makanan olahan yang bernama bêche-de-mer yang banyak dikonsumsi di Tiongkok dan Jepang.

Bacaan Lainnya

Manfaat Teripang dalam Mengobati Penyakit

Setelah diteliti, teripang ternyata mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), dan vitamin B3 (niacin). Selain itu, masih ada berbagai mineral, seperti zat besi, seng, magnesium, dan kalsium. Kandungan ini memungkinkan teripang menjadi sumber makanan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Selain dikembangbiakkan untuk dijual sebagai bahan dasar konsumsi manusia, teripang telah lama menjadi bahan obat-obatan tradisional di Asia. Manfaat untuk kesehatan ini ternyata didukung oleh beberapa penelitian medis yang menyatakan bahwa teripang memang efektif untuk menangani kelompok penyakit artritis dan kanker.

Selama ini teripang digunakan untuk penanganan penyakit hipertensi, rematik, tukak lambung, dan memelihara kesehatan saluran pencernaan. Secara modern, tubuh teripang diolah dan dikemas menjadi tablet di Asia dan Amerika, sebagai nutrisi untuk membantu menangani gangguan psikologis.

Pos terkait