Terkait Covid-19, Jokowi Minta Jatim, Sulsel & Kalsel Diberi Perhatian Khusus

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Gugus Tugas Percepatan Covid-19 beserta jajaran TNI/Polri fokus di wilayah yang masuk zona merah atau tingkat penyebaran virusnya masih tinggi.

Ada tiga wilayah yang menjadi sorotan Jokowi karena tingginya tingkat penyebaran corona, yakni Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.

Bacaan Lainnya

“Saya ingin kita konsentrasi, Gugus Tugas maupun kementerian, TNI/Polri utamanya di tiga provinsi yang angka penyebarannya masih tinggi, yakni di Jatim, Sulsel dan Kalsel,” kata Jokowi dalam rapat terbatas ‘Percepatan Penanganan Covid-19’ melalui telekonferensi, Kamis (4/6).

Jokowi meminta tiga provinsi tersebut diberi perhatian khusus agar penyebaran corona di sana bisa lebih ditekan. “Tolong ini dijadikan perhatian khusus sehingga angka penyebaran bisa kita tekan lebih turun lagi,” tukas dia.

Jokowi juga meminta petugas lebih agresif melakukan tracing atau pelacakan kasus Covid-19 di daerah. Pelacakan harus menggunakan teknologi komunikasi, bukan dengan cara-cara konvensional.

“Pelacakan dilakukan lebih agresif lagi dengan bantuan teknologi komunikasi, bukan dengan cara konvensional,” imbuhnya.

Dia mencontohkan Selandia Baru yang telah melakukan tracing menggunakan digital diary, kemudian Korea Selatan mengembangkan mobile GPS terkait tindakan ini. Jokowi ingin hal serupa dapat diterapkan di Indonesia.

“Seperti kita lihat di negara lain misal di Selandia Baru, mereka gunakan digital diary, kemudian Korsel kembangkan mobile GPS untuk data-data, sehingga pelacakan lebih termonitor dengan baik,” pungkasnya. (*/qlh)

Pos terkait