Ternyata Indonesia Punya 5 Nama yang Populer di Dunia

  • Whatsapp

SELAIN menyebut negeri kita dengan nama ‘’asli’’-nya, yaitu Indonesia. Kita juga kadang menyebutnya dengan Nusantara. Kata ‘’Nusantara’’ ini sudah tercatat dalam literature berbahasa Jawa antara abad ke-12 hingga ke-16.

Kala itu, istilah ‘’Nusantara’’ digunakan untuk menggambarkan konsep kenegaraan yang dianut Kerajaan Majapahit. Terlihat juga dari arti kata ini yang berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu ‘’nusa’’ yang berarti ‘’pulau’’ dan ‘’antara’’ yang berarti ‘’luar’’.

Bacaan Lainnya

Dengan begitu penyebutan Nusantara ini digunakan untuk menyebut pulau-pulau di luar Majapahit yang wilayah kekuasannya menyangkut seluruh pulau Jawa.

Meski begitu, pada awal abad ke-20, sosok Ki Hajar Dewantara (Suwardi Suryaningrat), yang menjadi sarjana Indonesia pertama menghidupan kembali istilah ‘’Nusantara’’ sebagai bentuk negara merdeka pasca nama Hindia Belanda melekat pada saat masa penjajahan.

Uniknya, Ki Hajar Dewantara jugalah yang kala itu memperkenalkan nama ‘’Indonesia’’ dalam ranah politik. Jadi, kala itu Ki Hajar Dewantara mempopulerkan dua nama untuk negeri ini. Dan terbukti hingga sekarang nama ‘’Nusantara’’ masih kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Untuk diketahui, nama ‘’Indonesia’’ sendiri diperkenalkan pertama kali ke seluruh dunia oleh James Richardson Logan pada 1850. Sebelum nama ‘’Indonesia’’ dan ‘’Nusantara’’ populer, ternyata sejarah mencatat ada beberapa nama atau sebutan lain yang pernah disematkan kepada tanah Indonesia.

Pos terkait