Thailand Tangkap Pimpinan Sindikat Narkoba Terbesar Asia-Pasifik

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, BANGKOK – Pandemi tak menghalangi gerak laju badan narkotika Thailand. Di tengah wabah virus corona yang terus mendera, mereka berhasil menangkap orang nomor dua di sindikat tersebut ditangkap ketika jaringan transnasional memperketat kelompok Sam Gor, yang menurut polisi mendominasi perdagangan narkoba tahunan Asia-Pasifik senilai US$ 70 miliar.

Dilansir dari Reuters, Penangkapan ini merupakan menyusul rangkaian penangkapan orang penting dalam jaringan narkoba di Thailand. Pada Oktober, warga negara Hong Kong Lee Chung Chak ditangkap di Bangkok, kemudian seorang warga negara Kanada kelahiran China Tse Chi Lop, yang dicurigai polisi sebagai pemimpin teratas sindikat tersebut ditangkap di Belanda.

Bacaan Lainnya

Lee (65) adalah mantan teman penjara Tse yang dicurigai terlibat dalam perdagangan narkoba selama empat dekade. Dokumen Kepolisian Federal Australia (AFP) tahun 2018 yang ditelusuri oleh Reuters menguraikan 19 target teratas dalam sindikat tersebut menggambarkan Lee sebagai “manajer proyek senior yang bertanggung jawab atas usaha besar obat-obatan yang dikendalikan perbatasan”.

Dua penangkapan di benua berbeda dalam waktu tiga bulan berasal dari penyelidikan selama satu dekade oleh AFP, yang juga memimpin gugus tugas Operasi Kungur multinasional yang menargetkan sindikat tersebut. Sangat jarang bagi tersangka pengedar narkoba senior yang ditangkap dan berhasil diadili di kawasan Asia-Pasifik.

Pos terkait