Thitipan Puangchan Pemain Lokal Termahal di Liga-Liga ASEAN

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, KUALA LUMPUR – Liga sepakbola di kawasan Asia Tenggara tak lagi dipandang remeh dan sudah menjadi buah bibir di dunia karena fanatisme yang ditunjukan oleh para suporter klub. Tak heran banyak pemain asing dengan nama besar dan juga bayaran mahal mencicipi kompetisi di wilayah ini.

Namun bagaimana dengan para pemain lokal? Apakah mereka juga memiliki nilai pasar yang bersaing dengan pemain asing lainnya?

Bacaan Lainnya

Kami melihat data yang ada pada situs Transfermarkt, untuk menentukan pemain lokal di masing-masing liga dengan nilai transfer tertinggi.

Berikut daftarnya:

1. Thai League – Thitipan Puangchan

Klub: BG Pathum United,  Market Value: 600,000 euro (Rp 10 miliar)

Gelandang berusia 26 tahun ini tampil apik di gelaran Piala AFF 2018 dan menjadi anggota reguler timnas Thailand dalam beberapa tahun terakhir. Pada musim lalu ia menjalani masa pinjaman di klub Jepang, Oita Trinita, hingga cedera memaksanya untuk keluar dari musim.

Di awal karirnya bersama Muangthong United, Thitiphan adalah seorang bek kanan. Sekarang Ia bermain sebagai gelandang tengah. Seorang pemain box-to-box dan pekerja keras. Dia dikenal karena kecepatan, tingkat kerja dan stamina, serta menciptakan peluang menyerang dari lini tengah. Dia juga memiliki atribut pertahanan yang baik dan teknis.

2. Malaysia Super League – Liridon Krasniqi

Klub: Johor Darul Takzim,  Market Value: 450,000 euro (Rp 8.1 miliar)

Gelandang serang asal Kosovo ini baru saja menyelesaikan proses naturalisasinya untuk Malaysia. Krasniqi menerima paspor Malaysia melalui jalan yang cukup panjang, setelah memenuhi syarat minimal lima tahun tinggal di negara tersebut, yakni sejak pertama tiba pada 2015 lalu kala memperkuat Kedah FA. Sejak tahun 2015 bermain di Negeri Jiran bersama Kedah, Melaka United dan saat ini Johor Darul Takzim.

Jebolan akademi FC Nürnberg dan Slavia Praha ini menjadi pemain naturalisasi kedua Malaysia setelah striker asal Gambia, Mohamadou Sumareh.

3. Liga 1 Indonesia – Stefano Lilipaly

Klub: Bali United, Market Value: 425,000 euro (Rp 7.7 miliar)

Sejak kembali tampil di Indonesia pada tahun 2017 bersama Bali United, Lilipaly merupakan salah satu pemain terbaik di negeri ini. Ia pernah bermain untuk sejumlah klub Belanda, Almere City, Telstar hingga Cambuur.

Pemain berusia 30 tahun ini juga menjadi andalan Timnas Indonesia di ajang internasional sejak menjalani proses naturalisasi pada tahun 2013 lalu. Total 24 caps dan 3 gol sukses dicatatkan olehnya.

4. Myanmar National League – Maung Maung Lwin

Klub: Yangon United, Market Value: 300,000 euro (Rp 5.4 miliar)

Penyerang berusia 24 tahun ini bermain untuk Yangon United sejak tahun 2017 lalu. Sejak usia 19 tahun dirinya sudah melakoni debut di Timnas Myanmar. Dia juga mewakili negaranya di Piala Duni U-20 2015 lalu.

5. V League 1 – Cong Phuong Nguyen

Klub: Ho Chi Minh City FC, Market Value: 200,000 euro (Rp 3.6 miliar)

Salah satu talenta terbaik di generasi emas milik Vietnam. Gelandang enerjik ini menjalani masa pinjaman selama tiga musim terakhir, berturut-turut di klub Belgia, Sint-Truiden lalu di Jepang bersama Mito HollyHock dan juga Incheon United (Korea Selatan).

Statusnya saat ini di Ho Chi Minh City FC juga adalah pemain pinjaman dari Hoàng Anh Gia Lai. Cong Phuong Nguyen selalu menjadi andalan di timnas dari berbagai level usia, sejak U-19 hingga senior.

6. Philippines Football League – Manuel Ott

Klub: Ceres Negros, Market Value: 125,000 euro (Rp 2.2 miliar)

Pemain keturunan Jerman ini kembali ke kampung halamannya Filipina sejak tahun 2014, setelah bermain untuk FC Ingolstadt 04 II selama empat musim.

Tampil konsisten bersama Ceres Negros dan timnas Filipina membuatnya dilirik oleh klub Thailand, Ratchaburi Mitr Phol pada tahun lalu. Namun ia tak banyak mendapat menit bermain disana dan memutuskan kembali ke Ceres pada tahun ini.

7. Singapore Premier League – Noor Akid

Klub: Albirex Niigata, Market Value: 25,000 euro (Rp 453 juta)

Noor Akid Nordin bisa bermain sebagai bek dan juga gelandang bertahan. Pemain berusia 23 tahun ini sebelumnya tampil untuk Balestier Khalsa dan pindah ke Albirex Niigata (Singapura) pada tahun lalu.

8. Cambodian League – Chan Vathanaka

Klub: Boeung Ket Angkor FC, Market Value: 1,100 euro (Rp 19.9 juta)

Penyerang Boeung Ket dan tim nasional Kamboja ini dikenal karena kecepatan, keterampilan, dan kemampuannya untuk mencetak gol tendangan bebas. Dia dianggap oleh suporter sebagai pemain sepak bola terbaik dari Kamboja.

Pernah menjalani masa pinjaman di Jepang dan mengadu nasib di Liga Malaysia bersama Pahang FA dan PKNS. Dari usia 19 tahun sudah masuk ke tim nasional, memiliki 45 caps dan 16 gol di ajang internasional hingga saat ini. (*/blb)

Pos terkait