Tole Iskandar, Cerita Heroik Pahlawan Muda

  • Whatsapp
Tole Iskandar
Tole Iskandar

SAAT menyebut nama Tole Iskandar, tentunya bukan sesuatu yang asing bagi telinga masyarakat Depok. Namanya dipatenkan sebagai salah satu jalan di kota Ini. Lalu siapakah sosok dibalik nama tersebut.

Tole Iskandar adalah satu dari sekian banyak pejuang yang lahir di kota penyangga Jakarta itu. Dia sulung dari tujuh bersaudara.

Bacaan Lainnya

Keenam adiknya adalah Tuti, Sukaesih, Sugito, Suyoto, Mulyati, dan Slamet Mulyono. Mereka adalah anak dari pasangan Raden Samidi Darmorahardjo dan Sukati binti Raden Setjodiwiryo.

Ayah Tole kala itu adalah menteri perairan pada zaman kolonial Belanda. Tole lahir di Gang Kembang, Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, Depok. Kakeknya yang ikut bedol desa dari Purworejo kira-kira pada abad 18, sesungguhnya adalah seseorang yang masih keluarga berdarah biru.

Tole sempat mengenyam pendidikan militer dengan Jepang sebelum akhirnya bergabung menjadi tentara rakyat.

Ayah Tole, Raden Samidi Darmorahardjo memiliki posisi penting kala itu, karena dipercaya sebagai salah satu pejabat yang bekerja untuk Belanda. Tugasnya mengontrol air dari Pondok Cina (Depok) sampai Bogor.

Tekad Tole sebagai pejuang akhirnya mendapat restu dan dukungan penuh dari keluarga. Berbekal kemampuan dan pasukan yang dimiliki, Tole pun semakin gencar melakukan serangan terhadap penjajah. Pertempurannya tidak hanya pecah di Depok namun hingga ke wilayah Bogor dan Sukabumi.

Pos terkait