Tri Sakti, Pesona Air Terjun Ranah Bengkulu

  • Whatsapp

AIR TERJUN TRI SAKTI yang berada di Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Keliling, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu sungguh memesona. Ketinggiannya mencapai 84 meter dan tercatat sebagai air terjun tertinggi di Bengkulu.

Air yang mengalir dari perut bumi ini bukan hanya berupa air dingin tetapi juga air hangat, serta pemandangan alamnya yang masih asri.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Belitar Seberang, Kasiyadi, mengatakan jika air terjun ini baru resmi dibuka setelah dikelola oleh desa pada awal 2021. Sebenarnya air terjun ini sudah ada sejak 2012 namun masih dikelola secara pribadi karena lahannya milik warga.

“Pada 2020 lahannya dihibahkan ke desa untuk dikelola menjadi obyek wisata, lahan yang dihibahkan warga ini seluas 1,5 hektare. Di dalam lahan seluas 1,5 hektare ini terdapat tiga air terjun ada yang dingin dan ada airnya panas. Selain itu di sini juga ada kolam air panas untuk berendam,” kata dia.

Setelah lahannya dihibahkan ke desa selanjutnya potensi wisata ini berubah nama dari sebelumnya Air Terjun Tri Muara Karang menjadi Air Terjun Tri Sakti, di mana nama ini diambil dari konsep Tri Sakti Bung Karno berupa berdaulat dalam politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Pos terkait