“Urek Petoga”, Jamu Kuat Suku Sakai

  • Whatsapp
Urek Petoga

MASYARAKAT adat Sakai yang dikenal sebagai suku asli di Bumi Lancang Kuning Riau, selama ini diketahui memiliki kekuatan fisik yang prima dan jarang tandingannya. Hal ini, seringkali dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistik yang melekat pada kondisi demikian.

Ternyata hal itu terbantahkan, saat perkampungan Suku Sakai di daerah Sebango yang berada di Desa Kusumbo Ampai, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis didatangi. Dan ternyata, rahasianya adalah sebuah ramuan kuno yang mereka sebut dengan nama “Urek Petoga”.

Bacaan Lainnya

“Urek Petoga adalah ramuan yang telah kami konsumsi sedari bayi. Karena itulah, fisik masyarakat Sakai sangat prima, kencang dan berotot kuat,” kata Amri, salah seorang tokoh masyarakat di sana.

Tak hanya menjadikan tubuh lebih kencang dan berotot, ternyata “urek petoga” kata dia bisa pula berfungsi sebagai ramuan penambah vitalitas organ seksual kaum pria. Artinya, ramuan yang semua bahannya berasal dari hutan tersebut, bak viagra bagi Suku Sakai.

“Selama ini, urek petoga sangat manjur dan kami bisa tunjukkan, tak ada masyarakat Suku Sakai yang tidak punya keturunan,” imbuhnya.

Urek petoga sendiri, terdiri dari delapan jenis tanaman hutan. Namun yang paling utama adalah akar atau urat dari pohon petoga. Akar petoga teksturnya tipis seperti akar beringin, namun sangat kuat dan keras.

Pos terkait