Warga Jakarta Tolong Waspada, 200 Ribu Liter Air per Detik Meluncur dari Katulampa

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, BOGOR – Tinggi muka air (TMA) Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa Kota Bogor terus merangkak naik. Petang ini, terpantau ketinggian air berada pada titik 140 centimeter atau berstatus siaga 3.

Kepala Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan kenaikan air Sungai Ciliwung itu terjadi sekira pukul 19.00 WIB. Setelah sebelumnya berada pada titik 90 centimeter pada pukul 18.00 WIB.

Bacaan Lainnya

“Sekarang 140 centimeter status siaga 3,” kata Andi, dalam keterangannya, Minggu (7/2).

Sedikitnya, ada sekitar 200 ribu liter perdetik air sungai Ciliwung yang melintas di Bendung Katulampa menuju Ibu Kota Jakarta. Air tersebut diperkirakan sampai dalam waktu sekitar 9-12 jam ke depan.

“Saat ini kondisi di kawasan Puncak dan sekitarnya masih hujan. Kita akan terus koordinasi dengan pintu air lainnya untuk memantau ketinggian air,” tutupnya.

Sementara itu, berdasakan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah Puncak dan sekitarnya masih berpotensi diguyur hujan intensitas lebat hingga malam nanti.

Adapun wilayah yang perlu diantisipasi yakni Ciawi, Gadog, Megamendung, Cisarua hingga kawasan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Masyarakat pun diminta untuk mewaspadai kondisi cuaca saat ini.(*/okz)

Pos terkait