Waspada, Tanah di Jakarta Turun 40 Persen

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JAKARTA – Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya, sepatutnya lebih meningkatkan kewaspadaan dini. Sebab, ibu kota Indonesia itu akan semakin sering digenangi banjir. Sebab,  penurunan tanah di Jakarta telah mencapai 40 persen.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sudah lama mengungkap hal itu. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini, maka potensi banjir di DKI Jakarta dalam beberapa hari ke depan akan semakin besar.

Bacaan Lainnya

“Genangan juga mudah terjadi di Jakarta, karena 40 persen wilayahnya memang sudah lebih rendah karena fenomena penurunan tanah. Terlebih banjir akan lebih meluas apabila terjadi rob pasang naik air laut, sebagaimana terjadi di Semarang,” tutur Kepala Sub Bagian Produksi Informasi Iklim dan Kualitas Udara BMKG Siswanto secara tertulis, Minggu (7/2).

Dia menjelaskan, potensi banjir didukung oleh kemungkinan terjadinya hujan ekstrem di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) atau di bagian hulu seperti di Puncak, Bogor.

Jika kondisi itu terjadi dan air hujan membuat debit air meningkat melebihi kapasitas sungai, maka menurutnya banjir sangat mungkin menggenangi wilayah Jakarta.

Sementara kemungkinan banjir meluas akibat air laut yang sedang pasang berkaca pada banjir Semarang, yang berdasarkan pernyataan Siswanto, meluas karena pasang air laut mencapai 1,4 meter.

Pos terkait