WHO : Virus Corona Varian Baru Sudah Menyebar ke 70 Negara

  • Whatsapp

Kabarsiana.com, JENEWA – Belum lagi persoalan virus corona yang membelit dunia usai, kembali kabar tak sedap harus kita terima. Dimana, organisasi kesehatan dunia (WHO) merilis, saat ini varian baru virus mematikan itu yang berasal dari tanah Inggris atau B117 kini telah menyebar ke setidaknya 70 negara.

Dalam laporan terbarunya, badan PBB itu mengungkap, dalam waktu sepekan terakhir, varian yang juga dikenal dengan VOC 202012/01 itu menyebar ke 10 negara.

Bacaan Lainnya

Di Asia Tenggara, Covid-19 varian baru ditemukan di Singapura, Malaysia, dan Filipina. Virus corona varian baru dari Inggris terbukti lebih menular dibandingkan versi sebelumnya.

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pekan lalu memperingatkan hasil studi terbaru mengindikasikan varian ini bisa lebih mematikan. Namun WHO menegaskan hasil tersebut masih awal dan diperlukan lebih banyak analisis untuk memperkuat temuan tersebut.

Semua virus akan bermutasi untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Para ilmuwan sejauh ini melacak beberapa mutasi virus corona baru yang menyebabkan Covid-19. Selain Inggris, varian baru juga ditemukan di Afrika Selatan (501.V2) dan Brasil (P1).

WHO mendesak semua negara untuk secara aktif mencari dan melaporkan adanya mutasi virus corona yang mungkin bisa mengubah tingkat penularan.

Pos terkait