Wow, Ternyata Ada 6 Negara yang Berbahasa Jawa

  • Whatsapp

BAGI sebagian masyarakat Pulau Jawa, bahasa Jawa merupakan salah satu medium yang umum digunakan dalam komunikasi sehari. Khususnya bagi masyarakat di Jawa Timur dan Tengah. Namun uniknya, ternyata ada beberapa negara berbahasa Jawa dari beberapa belahan dunia lain.

Layaknya kota-kota seperti Surabaya, Jogjakarta, maupun Semarang, negara-negara tersebut juga mengenal bahasa Jawa. Tentunya hal ini bisa jadi pertimbangan bagi kamu yang menguasai bahasa Jawa dan tertarik jalan-jalan ke luar negeri. Penasaran? Berikut Travelingyuk sajikan daftar enam negara berbahasa Jawa dari seluruh dunia.

Bacaan Lainnya

1. Belanda
Belanda cukup lama menancapkan pengaruhnya di Indonesia, sejak masa perdagangan rempah-rempah hingga menjelang Perang Dunia. Tak heran jika ada banyak penduduk negeri oranje yang memiliki garis keturunan Nusantara, termasuk dari suku Jawa. Konon dulunya ada banyak orang Jawa dikirim ke sana sebagai budak dan dari situlah bahasa Jawa menyebar di Belanda.

Masyarakat intelektual Belanda sendiri juga cukup menghargai bahasa Jawa. Leiden, salah satu universitas ternama di negeri kincir angin, hingga kini masih menyimpan beragam naskah kuno yang ditulis dalam bahasa Jawa.

2. Singapura
Salah satu jalur penyebaran bahasa paling cepat adalah melalui para perantau. Setelah Belanda, negara berikutnya yang juga mengenal Bahasa Jawa adalah Singapura. Hal ini terjadi bermula dari pengiriman sejumlah orang Jawa ke Negeri Singa sebagai pekerja perkebunan pada 1825 silam.

Mereka kemudian bermukim di wilayah dekat Sungai Rochor, yang kemudian dikenal sebagai Kampong Jawa. Hingga kini beberapa orang penduduk di sana masih ada yang bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Jawa.

3. Pulau Cocos
Pulau Cocos sempat didatangi oleh bangsa Inggris pada Abad ke-19. Kala itu mereka membawa sejumlah pekerja yang berasal dari Jawa. Dari sinilah bahasa Jawa kemudian menyebar di sana. Hingga kini penduduk pulau seluas 14 kilometer persegi tersebut masih mengenal bahasa Jawa, meskipun tidak digunakan sebagai bahasa utama.

4. Kaledonia Baru
Sebagai negara bekas jajahan Prancis, penduduk Kaledonia Baru banyak menggunakan bahasa negeri menara Eiffel tersebut sebagai bahasa sehari-hari. Namun ternyata ada beberapa penduduknya yang juga fasih berbahasa Jawa.

Bagi yang belum terlalu familiar dengan Kaledonia Baru, wilayah negara mereka terletak di sisi barat daya Samudra Pasifik. Ibu kotanya terletak di Noumea.

5. Malaysia
Catatan sejarah menyebutkan bahwa pada tahun 1900-an sejumlah warga Pulau Jawa memutuskan merantau ke Malaysia. Hal tersebut mereka lakukan untuk lepas dari himpitan ekonomi. Sebagian besar kemudian meraih sukses dan memutuskan menetap serta jadi warga negara Negeri Jiran.

Beberapa warga Malaysia yang punya garis keturunan Jawa pun hingga kini banyak yang bisa berbahasa Jawa. Maka jangan heran jika tiba-tiba sobat traveler disapa dengan bahasa tersebut ketika berjalan-jalan di Malaysia.

6. Suriname
Suriname merupakan sebuah negara yang berada di wilayah benua Amerika. Dulunya negara ini merupakan jajahan Belanda. Hingga tahun 1939, negeri Oranje rajin mendatangkan pekerja dari Jawa ke Suriname. Hal ini membuat 15 persen penduduk negara tersebut didominasi oleh orang Jawa dan tentu saja bahasa Jawa menjadi salah satu bahasa nasional di sana.

Itulah tadi sejumlah negara berbahasa Jawa dari seluruh dunia. Merasa fasih menggunakan bahasa Jawa dan tertarik melancong ke luar negeri, coba saja pertimbangkan untuk mengunjungi salah satu dari negara tersebut. ***

Pos terkait